Selasa, 02 Mei 2017

Physic Imagination

 




Imajinasi lebih utama daripada pengetahuan. Pengetahuan bersifat terbatas. Imajinasi melingkupi dunia. –Albert Einstein-

Fisika adalah salah satu mata pelajaran di sekolah yang harus dibuat menyenangkan bagi siswa. Dari segi materi, mata pelajaran fisika mengacu pada hitungan sistematis terhadap semua hal yang berkaitan dengan fisika itu sendiri. Artinya fisika tidak akan pernah lepas dari logika dan angka. Banyak rumus, pemahaman, dan aplikasi fisika yang harus dikuasai oleh siswa. Hal tersebut tidak menjadi suatu masalah jika seorang guru mampu mengemasnya dengan baik yang dapat dilakukan melalui inovasi dalam pembelajaran sehingga mampu mengajak dan mengajarkan pemahaman kepada siswa.
Langkah pertama yang harus dilakukan seorang guru fisika adalah bagaimana membuat mindset siswa yang selama ini menakuti pelajaran fisika. Hal ini terjadi karena penyampaian fisika saat pembelajaran terkesan membosankan. Salah satu cara yang dapat dilakukan guru agar siswa senang terhadap pelajaran fisika adalah mengajak siswa berimajinasi tentang materi fisika yang sedang dipelajari. Albert Einstein mengemukakan bahwa “ Imajinasi melingkupi dunia”. Ini berarti bahwa imajinasi tidak ada batasan bagi kita untuk mengeksplorasi dunia dan kemampuan yang dimiliki. Dengan mengetahui hal tersebut, kita dapat menggunakan imajinasi dalam pembelajaran fisika sehingga lebih berkaitan pada masalah yang ada dalam kehidupan. Salah satu contoh , melalui persamaan Hukum II Newton dimana F=m ×a. Bagaimana seseorang mengangkat benda yang beratnya sekian dengan mengeluarkan energi yang besarnya sekian, kemudian kita ajak siswa untuk membandingkan apa yang terjadi jika benda diangkat dengan berat dan energi yang sama di bulan. Apakah hal yang sama akan terjadi? Apakah berat benda dan energi yang dikeluarkan harus sama besar dibandingkan dengan pada saat melakukannya di bumi? Apa yang mempengaruhi hal tersebut?
Teori-teori fisika saat ini tidak lepas dari imajinasi dan rasa keingintahuan para ilmuwan tentang fenomena alam. Diharapkan dengan imajinasi, siswa lebih menyukai pelajaran fisika. Dalam praktiknya akan timbul rasa keingintahuan siswa tentang penjelasan fenomena alam yang dilihat, kemudian timbul juga keinginan siswa untuk menggali ilmu fisika. Sehingga siswa dapat menghubungkannya dengan fenomena alam tersebut. Yang mana sangatlah dibutuhkan seorang guru yang kompeten untuk mengembangkan pemanfaatan imajinasi dalam pembelajaran fisika.

0 komentar:

Posting Komentar