Imajinasi
lebih utama daripada pengetahuan. Pengetahuan bersifat terbatas. Imajinasi
melingkupi dunia. –Albert Einstein-
Fisika
adalah salah satu mata pelajaran di sekolah yang harus dibuat menyenangkan bagi
siswa. Dari segi materi, mata pelajaran fisika mengacu pada hitungan sistematis
terhadap semua hal yang berkaitan dengan fisika itu sendiri. Artinya fisika
tidak akan pernah lepas dari logika dan angka. Banyak rumus, pemahaman, dan
aplikasi fisika yang harus dikuasai oleh siswa. Hal tersebut tidak menjadi
suatu masalah jika seorang guru mampu mengemasnya dengan baik yang dapat
dilakukan melalui inovasi dalam pembelajaran sehingga mampu mengajak dan
mengajarkan pemahaman kepada siswa.
Langkah
pertama yang harus dilakukan seorang guru fisika adalah bagaimana membuat
mindset siswa yang selama ini menakuti pelajaran fisika. Hal ini terjadi karena
penyampaian fisika saat pembelajaran terkesan membosankan. Salah satu cara yang
dapat dilakukan guru agar siswa senang terhadap pelajaran fisika adalah
mengajak siswa berimajinasi tentang materi fisika yang sedang dipelajari.
Albert Einstein mengemukakan bahwa “ Imajinasi melingkupi dunia”. Ini berarti
bahwa imajinasi tidak ada batasan bagi kita untuk mengeksplorasi dunia dan
kemampuan yang dimiliki. Dengan mengetahui hal tersebut, kita dapat menggunakan
imajinasi dalam pembelajaran fisika sehingga lebih berkaitan pada masalah yang
ada dalam kehidupan. Salah satu contoh , melalui persamaan Hukum II Newton
dimana F=m ×a. Bagaimana seseorang mengangkat benda yang beratnya sekian dengan
mengeluarkan energi yang besarnya sekian, kemudian kita ajak siswa untuk
membandingkan apa yang terjadi jika benda diangkat dengan berat dan energi yang
sama di bulan. Apakah hal yang sama akan terjadi? Apakah berat benda dan energi
yang dikeluarkan harus sama besar dibandingkan dengan pada saat melakukannya di
bumi? Apa yang mempengaruhi hal tersebut?
Teori-teori
fisika saat ini tidak lepas dari imajinasi dan rasa keingintahuan para ilmuwan
tentang fenomena alam. Diharapkan dengan imajinasi, siswa lebih menyukai
pelajaran fisika. Dalam praktiknya akan timbul rasa keingintahuan siswa tentang
penjelasan fenomena alam yang dilihat, kemudian timbul juga keinginan siswa
untuk menggali ilmu fisika. Sehingga siswa dapat menghubungkannya dengan
fenomena alam tersebut. Yang mana sangatlah dibutuhkan seorang guru yang
kompeten untuk mengembangkan pemanfaatan imajinasi dalam pembelajaran fisika.
0 komentar:
Posting Komentar